Mengubah Partisi Gpt ke Mbr Tanpa Format Disk -->

Mengubah Partisi Gpt ke Mbr Tanpa Format Disk

Advertisement



Advertisement

Tutorial mengubah partisi mbr ke gpt ini saya temukan di google dengan pemilik blog yang hanya menbagikan software saja dan tidak membagikan tutorial secara gambar / retail. Dari sinilah saya akan membagikan tutorial secara retail dengan mudah dan dapat di mengerti .

Awalnya saya pengguna windows 8.1, Dikarenakan bosan akhirnya di install ke windows 7.  Pada saat proses penginstalan muncul " Windows cannot be installed on this disk. The selected disk has an MBR partition table. On EFI systems, Windows can only installed on GPT disks" .  Masalah tersebut dikarenakan partisi windows masih di partisi type GPT dan harus di convert ke MBR disk .

Kebanyakan software untuk mengubah format gpt ke mbr yang saya temui selalu memunculkan masalah terutama jika ingin mengganti tipe hardisk yang awalnya adalah bertipe gpt dan menggantinya dengan tipe mbr harus melakukan format secara keseluruhan pada hardisk. Sehingga, cara ini tidaklah efektif apalagi jika ada data penting pada hardisk dan kita tidak menemukan sebuah media backup lainya. Jelas, sangat - sangat merugikan.


Solusi :

-  Software : AOMEI Partition Manager .
-  Serial key : http://pasted.co/25b06351, mirror link

Tutorial convert GPT to MBR

1. Unduh dan install software berikut pada windows: AOMEI Partition Manager dan jalankan.

2. Pilih dan klik kanan pada Disk 1, lalu pilih convert to MBR Disk .
Convert hardisk
convert type hardisk
3. Tekan ok dan tunggu hingga proses convert selesai, mungkin membutuhkan waktu sekitar 1 - 10 menit tergantung dengan seberapa banyak isi file pada hardisk.

Jika software membutuhkan restart, silahkan restart pc anda .

Software tersebut tidak menghilangkan data pada drive dan maximal drive hanya 3, tidak boleh lebih dari 3. Sudah saya coba dan ternyata berhasil !!.

Jika ingin convert mbr ke gpt, silahkan ulangi step 1 sampai 3 tersebut .

Tested Work on Windows 8.1 ( Sekarang sudah terinstall windows 7 ) .

NEW POST !!!!
- Mengubah partisi GPT ke MBR dengan Minitool ( solusi tepat untuk operasi sistem kosong yang ingin mengubah partisi disk ).
Advertisement


Advertisement
LihatTutupKomentar