Mengatasi Gagal Membuat File .htaccess di Windows -->

Mengatasi Gagal Membuat File .htaccess di Windows

Advertisement



Advertisement

You must type a file name on htaccess windows

Saat kita sedang memuat file .htaccess di local folder windows, apa jadinya jika file tersebut gagal dibuat dan muncul peringatan " You must type a file name " pasti dibenak anda mungkin menganggapnya adalah windows tidak support  dengan file tersebut, anggapan tersebut sangatlah salah untuk diperdebatkan .

A : Apakah bisa saya membuat file .htaccess di Windows, padahal saya sebelumnya mendapatkan pesan ERROR "You must type a filename", apakah bisa diatasi ?
Q : Tentu saja bisa, tentunya jika kita ingin membuat file .htaccess kita harus mengetahui trik untuk mengakali windows agar file tersebut dapat dibuat . Untuk tutorialnya bisa anda simak di paragraf bawah .

Apa Fungsi htaccess untuk web ?

File htaccess merupakan suatu konfigurasi yang digunakan dalam web server apache untuk mengubah pengaturan default dan melakukan kostumisasi pada alur website anda . Maka dari itu kita perlu belajar mengenai .htaccess dan mengenal tentang kode PHP juga .

Sebagai contoh XAMPP yang menggunakan Apache, baca : Cara Cepat Install Xampp & Setting Xampp Lengkap dan juga Ubah Directory htdocs Apache ke tempat lain di XAMPP

Banyak sekali fungsi yang didapatkan setelah kita mengenal .htaccess, yaitu diantaranya adalah  Mengakali query String, Mengubah URL awal menjadi lebih SEO, Mengubah file html menjadi php atau sebaliknya dan bisa juga untuk mengalihkan halaman yang diinginkan serta Memblokir akses berdasarkan IP .

Bagaimana cara mengatasi file .htaccess tidak bisa dibuat di Windows ?

Pada awal kita membuat file htaccess di windows pastinya akan mengalami masalah error "You must type a filename", sepertinya windows menolak hal seperti itu dan windows memberi peringatan tersebut, bagaimana cara mengatasinya ?

Berikut merupakan cara yang dapat membantu penyelesaian mengenai htaccess , sebagai berikut :
Pertama, Menambahkan titik di akhiran nama .htaccess, sebagai contoh :
.htaccess.
Atau juga bisa anda lakukan dengan cara memulainya dari membuat file .htaccess.txt, kemudian buka CMD(Command Prompt)
Start Run > cmd
Kemudian ketik
rename c:\pathtoyourhtaccessfile\htaccess.txt .htaccess
Otomatis kode tersebut akan mengganti .htaccess.txt yang dibuat tadi menjadi .htaccess . Jika tutorial ada yang tidak bisa silahkan berkomentar, dijamin setelah anda keluar dari halaman ini masalah gagal membuat file htaccess akan teratasi .

Itulah cara membuat file htaccess yang sebelumnya ditolak oleh sistem operasi Windows, tetapi sekarang telah bisa membuat file tersebut .

Semoga bermanfaat .
Advertisement


Advertisement
LihatTutupKomentar