Apa Perbedaan Antara Http dan Https ? -->

Apa Perbedaan Antara Http dan Https ?

Advertisement



Advertisement


perbedaan http dan httpsDi setiap penjuru dunia ini pasti banyak yang menggunakan internet dalam kehidupan sehari - hari dan untuk mengakses internet kita perlu modem baik itu wifi atau broadband serta tidak lupa lagi adalah browser ( Ultility yang berguna untuk mengakses suatu halaman website/blog ).

Kita pasti pernah melihat suatu halaman website/blog yang menggunakan http maupun https dan kita akan bingung mengenai keunikan dari protokol ( HTTP dan HTTPS ) tersebut,
Pasti kita akan bertanya " Apa manfaat dari https://, padahal pakai http:// juga bisa ? ".
Pertanyaan tersebut akan dijelaskan disini  di pembahasan berikut :

Apa manfaat dari menggunakan HTTPS ?

Manfaat dari menggunakan HTTPS adalah informasi yang kita kirimkan kepada pihak kedua ( website ) akan aman dari pihak ketiga .

Perbedaan dari http dengan https ?

Memang dari kedua protokol http maupun https memang hampir sama, lalu apa yang membedakan kedua sistem protokol ini? yang membedakkan adalah pada sistem keamananya, jika kita mengakses dengan protokol http jelas informasi kita akan mudah di ambil oleh pihak ketiga.Tetapi tidak dengan https, informasi yang berada pada protokol https akan aman ( secure ) dari pihak ketiga .
Perbedaanya lagi adalah pada HTTP menggunakan port 80, sedangkan HTTPS menggunakan HTTPS .

Kesimpulan

HTTP dan HTTPS memang memiliki bentuk yang sama, hanya saja HTTPS jelas memiliki sistem keamanan enkripsi informasi menggunakan TLS dan SSL yang aman .

Itulah pembahasan singkat mengenai masalah perbincangan protokol http dan https yang sering membingungkan kita pada saat kita melakukan browsing maupun blogging .

Sekian yang dapat kami bagikan, semoga artikel yang berjudul " Apa perbedaan antara http dan https " dapat menambah wawasan dan pengetahuan .

tags : manfaat https
Advertisement


Advertisement
LihatTutupKomentar