Apa yang dimaksud dengan sitemap pada blog/website dan apa kegunaanya ? -->

Apa yang dimaksud dengan sitemap pada blog/website dan apa kegunaanya ?

Advertisement



Advertisement

Apa itu sitemap ? apa fungsinya ? bagaimana cara menggunakanya ? pertanyaan itu semua mungkin ada di benak kita, untuk itu akan dibahas di pembahasan selanjutnya ?

Apa itu sitemap ?

Sitemap adalah Informasi yang berisi mengenai URL-URL yang ada pada situs tersebut, seperti sebuah peta untuk search engine. bukan hanya URL saja yang ada pada sitemap, tetapi juga berisi metadata. metadata ini merupakan informasi mengenai kapan terakhir kali situs/blog di update, seberapa sering situs di update, dan kapan situs itu di update.

apa itu sitemap ?

Setelah kita sudah membahas mengenai apa itu sitemap, berlanjut kita akan membahas mengenai kegunaan sitemap dan pastinya ini topik pasti yang anda cari .

Apa kegunaan sitemap ?

Kegunaan sitemap untuk blog atau sebuah website sangat berguna sekali untuk memudahkan robot mesin pencari untuk menelusuri peta situs yang ada didalamnya dan hal ini jelas akan memudahkan googlebot untuk mengidentifikasi atau mengindex url pada peta situs jauh lebih mudah .

Biasanya file sitemap itu ditandai dengan file typenya yang berformat .xml .
Sebagai contoh url sitemap blogger yang kini kita tidak usah mensettingnya secara manual, alias otomatis. Berikut contoh sitemap yang ada di blog ini : www.bloghafid.com/sitemap.xml .

Jika kita belum membuat sitemap, silahkan bertanya kepada google dengan dork " allintitle:Sitemap generator " dan disana anda akan menemukan puluhan hingga ratusan situs yang bersedia membantu anda dalam pembuatan sitemap untuk website yang anda kelola sekarang .

Bagaimana untuk mengirim sitemap ke google webmaster ? itu akan dibahas di postingan selanjutnya https://www.bloghafid.com/2016/02/cara-submit-sitemap-ke-google-webmaster.html .

Itulah pengertian dari sitemap yang mungkin dapat anda pahami dengan mudah dan sedikit pembahasan mengenai pembuatan sitemap dengan generator .
Semoga dapat membantu .
Advertisement


Advertisement
LihatTutupKomentar