5 Tips Menghemat Kuota Internet Android -->

5 Tips Menghemat Kuota Internet Android

Advertisement



Advertisement

Internet, kata yang tidak asing lagi bagi kita. Dalam beberapa aktivitas, kita pastinya membutuhkan sebuah koneksi data internet untuk menelusuri bahkan mencari informasi  yang ada di mesin pencari terbesar di dunia maya seperti contoh google, yahoo, bing dan juga yandex .

Untuk menggunakan fasilitas internet kita perlu yang namanya kuota, kuota ini disediakan oleh masing - masing provider yang menyediakan layanan akses internet agar kita bisa aktif di dunia maya.

Baca juga :
3 Cara Cek Kuota XL ( SMS, Modem, Web )
Cara Cek Sisa Kuota Paket Internet Axis Dengan Mudah
Cara Cek Kuota IM3 via Dialup dan SMS
4 Cara Akurat Cek Kuota Smartfren

Tips Hemat kuota android
Hemat kuota android
Seperti pada ponsel android yang kita miliki, jika kita ingin membuka sebuah aplikasi atau game kemungkinan kita perlu akses internet/jaringan data dan tak jarang jika kuota data kita jika kita gunakan berhari - hari juga akan semakin berkurang. Oleh karena itu kita perlu untuk menghemat kuota pada ponsel android kita, berikut bloghafid mengungkapkan caranya :

1. Menggunakan fitur chrome data saver
Jika kita sering melakukan browsing dengan google chrome browser kita bisa aktifkan fitur dari browser tersebut yang bernama "Data Saver" . Cara mengaktifkanya juga cukup mudah, kita perlu pergi ke Settings -> Data Saver -> On. Pada fitur ini akan mengkompress data yang keluar anda hingga 50% .

2. Hapus aplikasi Facebook
Aplikasi ini salah satunya yang dapat mengurangi kuota kita secara perlahan - lahan dapat dikatakan dapat mengkonsumsi data cukup besar . Oleh karena itu kita perlu menghapus / uninstall aplikasi ini pada peramban ponsel kita .

Untuk alternatif, sebagai pengguna kita akses saja facebook melalui mobile peramban browser. Jelas, itu dapat menghemat pengeluaran kuota kita .

3. Membatasi update otomatis pada aplikasi jika terhubung dengan Wifi
Jika kita sedang menggunakan aplikasi Google PlayStore pasti kita akan menemui masalah seperti update otomatis sendiri jika kita terkoneksi jaringan internet . Hal tersebut justru akan mengurangi jumlah kuota data. Oleh karena itu, kita perlu menonaktifkan auto update ini dan sudah di publish di artikel sebelumya : Menghentikan / Mengatasi Update Otomatis Aplikasi Android

4. Mengurangi kualitas streaming
Saat ini pelayanan streaming pada konten video memang sering diakses oleh para pengguna android. Tetapi, layanan seperti ini tentunya juga akan mengkonsumsi jumlah data yang besar . Oleh karena itu, jika saat kita melakukan streaming sebaiknya kita kurangi kualitasnya .

5. Identifikasi aplikasi penyedot kuota
Banyak sekali aplikasi yang memudahkan kita melakukan koneksi internet tetapi kita juga tidak tahu apakah dari aplikasi tersebut dapat memakan banyak data . Untuk melihat adakah aplikasi yang dapat menyedot kuota kita pergi saja melalui menu Settings -> Data Usage, scrool ke bawah dan kita akan mendapatkan daftar aplikasi apa saja yang banyak mengkonsumsi data . Solusi, uninstall saja aplikasi yang banyak memakan kuota internet kita .

Tips tersebut dapat kita terapkan pada berbagai macam ponsel baik itu samsung, lenovo, sony, huawei, nokia bahkan apple dan juga operasi sistem android versi 5 Lolipop.
Advertisement


Advertisement
LihatTutupKomentar