4 Cara Hebat Atasi Tidak Bisa Download di PlayStore -->

4 Cara Hebat Atasi Tidak Bisa Download di PlayStore

Advertisement



Advertisement

bloghafid.com - Playstore, sebuah media online playstore yang dibuat oleh google. Kita dapat menginstall berbagai macam aplikasi atau game yang telah dibuat dan disediakan oleh pembuat (developer).  Dengan akses yang mudah dan tersedianya konten ratusan membuat para pengguna ponsel android merasa betah dan rela menghabiskan kuota hanya karena sebuah aplikasi .

Di playstore, untuk menikmati aplikasi yang tersedia kita disediakan 2 pilihan yaitu versi gratis dan juga berbayar(premium). Untuk berbayar tentunya kita harus deposit terlebih dahulu melalui pembayaran yang telah disediakan, setelah itu kita bebas memilih dan menginstall apapun yang ada disana.

Logo Playstore

Meskipun begitu, aplikasi playstore juga terkadang mengalami masalah. Bukan berarti dari playstore itu sendiri, ini mungkin terjadi dikarenakan faktor manusianya sendiri dan juga bisa terjadi dikarenakan kesalahan pada ponsel. Penyebabnya juga berbagai macam
seperti halnya berikut :

- Koneksi yang lelet, jika kita berbicara mengenai koneksi lambat pastikan beberapa aplikasi yang mengkonsumsi data internet coba hentikan aplikasi tersebut atau dapat kita hentikan sementara dengan menggunakan aplikasi task manager seperti ES Task Manager. Seperti halnya aplikasi chatting bbm, whatsapp, bahkan facebook. Mungkin oleh karena inilah mengapa internet yang akan dikonsumsi oleh Playstore jadi terhambat.

- Cache yang menumpuk, Pada awalnya cache digunakan untuk mempercepat kinerja sebuah aplikasi atua game. Akan tetapi, tahukan anda jika file sementara (cache) ini bisa sewaktu - waktu mengalami kerusakan ? dan tentunya juga akan berpengaruh pada kinerja pada sebuah aplikasi dan bisa saja akan terjadi error.

- Mendapatkan peringatan "Ruang penyimpanan tidak cukup", petunjuk ini mengingatkan kita akan kurangnya jumlah ruang penyimpanan dan kita perlu menyediakan ruang penyimpanan untuk aplikasi atau game yang sedang kita download. Hapus beberapa aplikasi yang tidak kita gunakan jika peringatan tersebut muncul kembali.

Mengatasi Gagal Download di Google Playstore

- Buka Playstore, lalu tap pada MyApps. Lihatlah aplikasi terpasang disana, batalkan proses install dan juga update.
- Pergi ke Setting -> aplikasi dan cari aplikasi yang bernama "Google Play Store", pilih dan Tap "Clear Data" dan "Clear Cache". Berguna untuk menghapus cache yang tersimpan pada aplikasi Playstore.
- Cara ketiga, hampir sama . Pergi ke Setting -> aplikasi lalu cari aplikasi Google PlayStore dan tap pada "Uninstall updates" atau Copot Pemasangan Pembaharuan. Berfungsi untuk menghapus data update yang telah diunduh playstore sebelumnya dan akan mengembalikan playstore seperti awal kita membukanya.
- Cara terakhir, coba lakukan factory reset / mode pabrik dan setelah itu coba untuk mengunduh sesuatu pada playstore.

Baca juga :  Beberapa Cara Atasi Smartphone Android Gagal Download

Dengan adanya 4 tips atasi gagal download pada playstore tersebut mungkin akan dapat mengurangi sekaligus memperbaiki masalah seperti apa yang anda alami sekarang pada playstore. Semoga berhasil.
Advertisement


Advertisement
LihatTutupKomentar