Cara Mudah Tes Kecepatan Internet Dengan Speedtest-cli via Termux -->

Cara Mudah Tes Kecepatan Internet Dengan Speedtest-cli via Termux

Advertisement



Advertisement

Termux merupakan aplikasi yang dimana dapat memudahkan kita untuk memodifikasi sistem android, mengedit kode, menjalankan perintah bash atau kode pemograman lain bahkan bisa dapat dikatakan kita bisa menjalankan perintah linux meskipun hanya beberapa perintah yang dapat dijalankan. Tentunya, untuk mengatur dan memanaging pengaturan aplikasi pun bisa kita aplikasikan melalui termux aplikasi ini.

Beragam hal yang bisa kita lakukan ditermux khususnya seorang yang hobby koding atau seorang programmer, aplikasi ini wajib terinstall diperamban ponsel pintar kamu.

Mulai dari menginstall debian package, linux package dan menjalankan server http sendiri. Untuk installasi package yang berupa perintah itupun bisa dijalankan ditermux akan tetapi installasi yang memerintahkan menampilkan GUI ( Graphic User Interface ) itu saja yang tidak bisa diharapkan di termux alias tidak bisa dijalankan. Sehingga hanya dibatasi dengan perintah - perintah linux biasa tanpa menampilkan gui seperti linux desktop pada semestinya.

Mengenal internet, dengan adanya internet kita dimudahkan dalam menggapai sumber informasi terkini bahkan dapat dikatakan internet merupakan hal yang khusus dalam aktivitas sehari - hari semua serba internet, apapun pakai internet, jual beli juga pakai internet, memesan tiket, memesan barang juga pakai internet. Internet menjadi sebuah sumber prioritas bagi kehidupan manusia.

Kita sering kali mengakses internet, sering kali kita gunakan sebagai alat untuk mengakses sebuah informasi bahkan biasanya para pengguna internet bisa dimudahkan dalam masalah saling tukar menukar file secara online ke sebuah media penyimpanan online lalu pengguna lain bisa mengunduhnya. Tanpa harus menggunakan alat kabel ataupun menggunakan bluetooth.

Bagi pengguna android, ketika akan mengunduh ataupun mengupload gambar kita tidak tahu seberapa cepat kecepatan provider internet yang kita gunakan. Cepat tidaknya tergantung pada lokasi bahkan isp provider itu sendiri.

Cara untuk mengetahui seberapa kecepatan internet yang kita pakai kita bisa gunakan aplikasi ataupun seperti cara berikut yang menggunakan sebuah media aplikasi termux untuk menginstallasi package untuk melihat seberapa cepat internet yang kita pakai, penggunaanya mirip seperti website speedtest, berikut :

Cara Installasi Speedtest di Termux


1. Sudah terinstall Termux, jika belum menginstall, unduh termux di playstore.

2. Install python, ketikkan "pkg install python".

3. Untuk installasi speedtest di termux, ketikkan perintah "pip install speedtest-cli" tunggu hingga installasi selesai.

Cara install speedtest di termux

4. Jika sudah, untuk penggunaanya cukup mudah tinggal kita ketikkan "speedtest" dan otomatis akan bekerja menampilkan kecepatan internet dengan akurat.

Cara menjalankan speedtest di termux
Baca juga :
- Cara Menampilkan Tombol CTRL, ESC, HOME di Termux.
- Cek Spesifikasi HP dengan Termux.

Apakah speedtest termux ini menampilkan kecepatan internet secara akurat ?? jika saya amati analisa kecepatan upload dan download yang ditampilkan justru akurat sesuai kecepatan koneksi yang saya pakai. Sudah saya test menggunakan speedtest.net nilainya juga tidak jauh beda.
Advertisement


Advertisement
LihatTutupKomentar