Selain Virus Corona, 4 Penyakit ini Mematikan dan Pernah Membuat Geger Dunia -->

Selain Virus Corona, 4 Penyakit ini Mematikan dan Pernah Membuat Geger Dunia

Advertisement



Advertisement

Virus Corona

Virus Corona saat ini menjadi sorotan dunia kesehatan. Virus ini bermula di daerah wuhan China dan dapat dikatakan menjadi virus mematikan didunia yang bekerja menyerang paru - paru manusia.

Virus ini diketahui 59 orang di kota Wuhan yang mengalami gejala penyakit mirip Pneumonia. Dan saat ini virus corona ini dapat dikatakan telah menyebar ke beberapa negara seperti Jepang dan Korea Utara.

Ternyata tidak hanya virus Corona yang pernah menggegerkan dunia saat itu, masih ada 4 virus mematikan yang sempat mengguncang dunia diantaranya sebagai berikut :

4 Penyakit Mematikan Selain Virus Corona


1. Ebola
Pada tahun sebelumnya virus ebola ini sempat gegerkan dunia maya hingga mancanegara. Ebola telah merenggut nyawa banyak orang dan sifatnya menular. Sekitar 90% orang jika terjangkit virus ini dapat dikatan tak mungkin bertahan hidup.

Yang ditakutkan pada virus ebola ini yaitu bisa melakukan perkembang biakan. Virus ini menggumpal pada saluran darah, aliran darah hingga menuju organ lain bahkan jika organ badan kekurangan darah bisa menyebabkan organ tersebut rusak.

Jika berhasil menyerang darah maka virus ini akan menyerang organ lain seperti jantung, hati, paru - paru bahkan ginjal. Tidak menutup kemungkinan jika pasien yang terkena virus ini gampang meninggal disebabkan serangan pada ginjal.

2. SARS
Pertama kali virus SARS ini ditemukan menyebar di China pada tahun 2002 silam. Penyakit ini sering kali dikatakan mirip virus corona dan menyebar lebih cepat dibanding Ebola dan AIDS. Bahkan lebih parah virus ini bisa menyerang sekaligus menularkan virus pada orang yang sedang bekerja dibidang kedokteran saat itu.

Ketika itu SARS mewabah dan menyerang puluhan negara dalam waktu kurun beberapa bulan saja. Saat terjadinya wabah ini masyarakat china ditengarai.  Meskipun tercatat 9 dari 10 orang yang dapat sembuh dari penyakit ini. SARS jika tidak ditangani dengan cepat dan tepat maka akan berdampak buruh bagi penderitanya bahkan kematian.

3.  H5N1
Di indonesia virus h5n1 ini sempat menggegerkan indonesia yang menyebabkan penyakit flu burung. Virus ini terjadi karena influenze yang ditularkan dari unggas ke manusia.

Membutuhkan waktu sekitar 3 - 5 hari virus bekerja dan meracuni tubuh manusia. Gejala yang ditimbulkan yaitu batuk, sakit kepala, sesak dan bahkan demam. Perlu penanganan yang tepat dan cepat guna untuk mengantisipasi virus ini.

4.  HIV
Jenis virus ini lumayan mematikan dijaman saat ini. Sejak dikenali tahun 1980 ada sekitar 35 juta orang meninggal secara perlahan dikarenakan virus ini, menyerang kekebalan tubuh si penderita.

Baca juga :
Ngeri! Virus Corona Mematikan dan Bisa Bermutasi.
Baru lagi, Virus Corona Menyebar ke Nigeria dan Lithuania .

Jika penderita infeksi HIV ini tidak segera ditangani maka bisa menyebabkan kondisi parah. Aids ini merupakan stadium akhir dari virus infeksi hiv. Pada tahapan ini kekebalan tubuh tidak akan bertahan sepenuhnya meski belum ada obat untuk menanganinya.

Advertisement


Advertisement
LihatTutupKomentar