Pengertian dan Fungsi Proxy Server -->

Pengertian dan Fungsi Proxy Server

Advertisement



Advertisement


Proxy memang sekali kerap banyak digunakan oleh banyak pengguna internet, misalnya untuk menyembunyikan ip ataupun bahkan untuk mempercepat jaringan internet .
Pengertian proxy
Proxy

Proxy sendiri memiliki arti yaitu sebuah server yang menyediakan suatu layanan yang dimana meneruskan setiap permintaan user kepada server yang lain dan terdapat di internet . Definisi lainya yaitu sebuah server ataupun program komputer yang punya peran menjadi penghubung antara suatu komputer dengan yang namanya internet .

Fungsi dari proxy
Ini merupakan 3 fungsi dari proxy :

1. Filtering
Digunakan sebagai alat firewall yang dapat memblokir situs yang tidak diinginkan seperti konten ilegal atau berbau senonoh, sehingga website tersebut tidak dapat di akses .

2. Connecting sharing
Penghubung atau dapat dikatakan perantara pengambilan data dari suatu alamat ip dan ditransfer ke ip lainya .

3. Caching
Jangan salah dengan proxy, proxy juga dilengkapi dengan fitur caching dari sebuah web ataupun query maupun permintaan dari akses pengguna . Sehingga jika kita mengakses suatu web jadi lebih cepat dari sebelumnya .

Web Proxy merupakan komputer server yang melakukan sebagai komputer lain dan fungsinya melakukan request terhadapat suatu konten pada suatu jaringan internet, berikut ada hal - hal lain yang dilakukan web proxy :

- Memfilter cookies yang tidak diinginkan .
- Menyembunyikan alamat ip address .
- Memblock beberapa website .
- Meningkatkan keamanan privacy .
- Dapat mengakses website yang diblok oleh isp provider .

Cara kerja proxy server

Prinsip kerja proxy server memang sangatlah sederhana, ketika pengguna menggunakan atau memakai layanan proxy kemudian meminta file bahkan data terdapat di public server maka proxy ini meneruskan ke internet dan seolah - olah proxy memintanya .

Ketika proxy server mendapatkan apa yang diminta user, proxy akan merespon kepada user seolah - olah dia adalah public server .

Itulah pengertian dari proxy server atau proxy yang mungkin banyak seseorang yang belum mengerti, sekarang apa ada yang perlu ditanyakan ?
Advertisement


Advertisement
LihatTutupKomentar