Cara Daftar Domain TLD Gratis Freenom + Tutorial Parking di Blogger -->

Cara Daftar Domain TLD Gratis Freenom + Tutorial Parking di Blogger

Advertisement



Advertisement

domain .com .net .org .info .id

Domain adalah sebuah nama yang digunakan pada suatu site / blog / website yang ditujukan untuk mempermudah para pengguna atau pengunjung untuk mengingat dan mempermudah ketika mengakses web tersebut . Di dunia maya, terdapat berbagai macam domain yang tersedia yang dapat anda daftarkan entah itu gratis ataupun berbayar dari beberapa penyedia provider domain.

Domain juga memiliki beberapa manfaat seperti : menambah loyalitas kepada pengunjung agar mereka percaya kepada produk kita atau konten yang anda tawarkan bahkan bisa menambah kepercayaan kepada media search engine . Lalu bagaimana dengan domain yang seperti ini site.bloghafid.com ? ini adalah subdomain bukan domain.

Berbeda lagi dengan subdomain, subdomain dalam bahasa seperti kita dapat diartikan seperti anak dari domain. Jadi, subdomain dapat diartikan sebagai cabang dari domain dan kita dapat membuatnya secara random seperti apa yang kita inginkan. Sebagai contoh : site.bloghafid.com dll dan gratis dari pengelola domain.

Freenom, sebuah provider penyedia domain yang menyediakan beberapa domain gratisan dan kita tidak perlu membayar atau menggunakan kartu credit card. Tinggal konfirmasi dan memilih domain yang tersedia saja anda sudah mendapatkan domain hanya cuma - cuma . Domain yang tersedia di provider domain satu ini seperti .ml, .tk, .ga, .cf, .gq dll.

Lalu, bagaimana cara mendaftar sekaligus mencari domain avability di freenom ini ? cukup mudah sekali, kita bisa mencoba langkah - langkah berikut ini :

- Hal yang perlu kita lakukan pertama kali adalah mendaftar, jika sudah mempunyai akun coba masukkan user dan password akun tersebut .

1. Kunjungi website domain checker freenom https://my.freenom.com/domains.php

2. Setelah itu anda akan dipertemukan dengan form inputan, masukkan domain yang akan diincar. Sebagai contoh : bloghafid lalu tekan Enter . 
Cari domain di Freenom
Cari domain di Freenom
3. Kita akan ditampilkan dengan beberapa domain gratisan disana sesuai domain yang kita ketikkan tadi, muncul 5 daftar list domain. Jika dari 5 domain tersebut ingin anda pakai tekan tombol "Get it now!". Lalu, tekan tombol Checkout untuk melihat domain yang terpilih tadi .

4. Setelah kita tekan tombol Checkout, anda akan diarahkan ke halaman berikutnya yang dimana kita akan ditampilkan list domain yang dipilih sebelumnya dan dari halaman ini pilih salah satu domain yang terpilih dan pada Period ubah menjadi "12 Months" untuk mendapatkan domain gratis selama 1 tahun ( 12 Bulan ) . Lalu, tekan tombol "Continue" .
List Order Domain Freenom
List Order Domain Freenom
5. Setelah kita tekan tombol Continue kita akan ditampilkan halaman details information, isikan sesuai identitas yang anda punya tidak lengkap juga tidak masalah. Details information ini berfungsi sebagai penampil siapa pemilik domain tersebut yang dapat anda cek melalui who.is .
Detail Infromation Freenom
Detail Infromation Freenom
- Pastikan juga centang pada "I have read and agree..".
- Jika selesai, tekan tombol "Complete order" .

6. Setelah itu kita akan mendapatkan "Order number" yang bertuliskan nomor orderan domain anda saat ini. Memiliki fungsi jika ada kendala dengan masalah domain yang anda pesan sekarang, kita dapat melaporkanya kepada pihak freenom dengan melampirkan nomor tersebut. Agar mereka dapat cepat mengenali domain mana yang mengalami kendala sekarang . Jadi, simpan baik - baik nomor tersebut.
Order Confirmation Freenom
Order Confirmation Freenom
7. Sekarang, lihat pada domain bloghafid.tk yang telah anda pesan tadi. Dapat anda lihat di menu tab Domains -> My Domains nanti dapat kita temukan domain yang telah anda order tadi .

Proses Memasang Domain Freenom di Blogger blogspot

- Pergi ke tab Domains -> My Domains -> pilih domain yang telah di order tadi. Lalu pilih Manage Domain .
My domain freenom
My domain freenom
- Setelah kita tekan tombol manage domain kita akan diarahkan ke halaman untuk mengontrol domain. Untuk menyettingnya lebih lanjut arahkan kursor ke Manage Freenom DNS untuk menyetting DNS versi google blogspot .

- Masukkan DNS Berikut :
216.239.32.21 -> Type A
216.239.34.21 -> Type A
216.239.36.21 -> Type A
216.239.38.21 -> Type A

- CNAME yang telah didapatkan dari blogspot, caranya masuk Setelan -> Dasar -> Alamat blog -> Masukkan alamat domain freenom tadi dan tekan simpan, nanti anda akan diberi 2 buah CNAME yang seperti ini :

- Contoh :
WMJ4ISL6UZAV -> gv-medsslfplky6pt.dv.googlehosted.com - Type CNAME
WWW -> ghs.google.com - Type CNAME
Mendapatkan CNAME Blogspot
Mendapatkan CNAME Blogspot
Lakukan penyettingan seperti gambar :
Setting DNS Freenom
Setting DNS Freenom
- Total berarti ada 6 dns yang perlu anda tambahkan pada penyetelan domain.

Baca juga :  Cara Setting Domain Idwebhost ke Blogspot Blogger Terbaru

- Lalu pergi ke blogger dan pilih salah satu blog yang akan diparking domain tersebut. Pergi ke Setelan -> Dasar -> Penerbitan ( Alamat Blog ) -> Edit -> Lalu masukkan domain tadi, contoh bloghafid.tk dan centang pada "Alihkan bloghafid.tk ke www.bloghafid.tk" .

- Simpan.

Coba anda kunjungi alamat domain tadi, contoh bloghafid.tk apakah sudah berhasil ? Jika berhasil berarti selamat, jika tidak berarti kita perlu cermat lagi menyetting setelan domain pada provider freenom . Kita perlu ulangi lagi.
Advertisement


Advertisement
LihatTutupKomentar