Cara Atasi - File Is Too Large For The Destination File System - di Windows Linux -->

Cara Atasi - File Is Too Large For The Destination File System - di Windows Linux

Advertisement



Advertisement

Saat kita akan mengcopy suatu file tiba tiba muncul peringatan "disk tidak mencukupi ? / need more space disk ?" Saat akan mempaste file lebih dari 4gb ? Padahal memori saya masih tersedia ruang kosong ? Apa yang menjadi penyebabnya ? Masalah seperti ini banyak dijumpai pada saat akan mengcopy sesuatu file drngan ukuran > 4 giga byte ke flashdisk ataupun sdcard pada android.
flashdisk fat32 ntfs exfat
Hal tersebut memang pernah saya alami ketika akan mengirim file bertipe game basara 4gb ke sdcard dan berulang - ulang saya mengulangi proses transfer, saya kira sdcard saya tersenggol yamg kebetulan pada waktu itu saya menggunakan kabel usb panjang dan modem yang ada kartu slot untuk sdcard. Akhirnya saya menemukan cara dan mengapa hal itu bisa terjadi di sebuah website luar yang bernama stackoverflow dan akirnya saya terapakan dan ternyata berhasil.

Apa yang menjadi penyebab sdcard atau flashdisk tidak bisa copy file besar dalam satu transfer ? Hal tersebut terjadi karena tipe drive yang dituju tersebut masih bertipe sistem fat32 yang dimana merupakan dari teknologi lama dan memang saat kita akan mentransfer file besar akan dibatasi setiap file yang dikirim, setiap 1 file / folder atau 1 transfer akan dibatasi tidak lebih dari 4gb dan saat diakhir - akhir sekitar 90% transfer maka otomatis sistem operasi akan membatalkan proses transfer dan memunculkan need more space disk / disk tidak mencukupi meskipun drive masih menyediakan ruang kosong yang lebih banyak.

Untuk dapat kita mengcopy file lebih banyak dan tanpa batasan ukuran, maka kita perlu mengubah sistem disk drive menjadi ntfs ataupun ExFat yang dimana merupakan sistem disk terbaru / modern .  Meskipun kita transfer file bergiga - giga dalam satu proses kita akan tetap bisa melakukanya.

Cara mengatasinya :
Kita akan menggunakan sistem operasi windows ataupun juga bisa dengan os linux sekalipun,
 1.  Backup terlebih dahulu file / folder pada drive yang terjadi masalah tersebut, entah pada sdcard atau flashdisk.

 2. Kita format drive tersebut, caranya dengan klik kanan "format" dan ubah pada sistem tipenya ke ntfs / exfat .

 3. Klik format, tunggu hingga muncul alert "format complete" pada windows. Jika anda menggunakan linux untuk format data mungkin tidak akan muncul alert tapi semua data memang akan terformat.

 4. Coba ulangi lagi mentransfer file lebih dari 4gb dan lihat apa yang terjadi ? File akan terpaste tanpa ada muncul peringatan atapun masalah apapun .

Baca juga :
- Atasi kontak tidak muncul pada sdcard telepon

Kesimpulan :
Ntfs / exfat tidak terbatas untuk melakukan transfer dan tidak ada limit ukuran file.
Fat32, file akan dibatasi sampai tidak lebih dari 4gb dalam sekali transfer.
Advertisement


Advertisement
LihatTutupKomentar