3 Cara Cek IMEI, Apakah HP Legal atau Tidak ?? -->

3 Cara Cek IMEI, Apakah HP Legal atau Tidak ??

Advertisement



Advertisement

Cara Cek IMEI HP

Setiap ponsel yang anda pakai pasti memiliki imei yang berfungsi sebagai nomor angka unik dan pengenal pada ponsel.

Mungkin dahulu kita sering menganggap jika imei seperti tidak ada gunanya, akan tetapi semenjak berlakunya aturan yang diterapkan menkominfo indonesia yaitu pemblokiran secara massal bagi imei yang terdaftar ilegal dan sekarang mungkin banyak orang mencari tahu mengenai imei tersebut.

Beserta kaitanya dengan HP blackmarket, pemerintah masih belum mengetahui kapan regulasi baru akan mulai diterbitkan. Meskipun itu, penerapan aturan ini masih belum ditetapkan secara passal mungkin kita perlu menunggu kabar terbaru dari kominfo kapan regulasi baru tersebut mulai diterbitkan.

Apa itu imei ??

Imei adalah sebuah identitas khusus yang berupa nomor yang telah ditetapkan dan ada pada setiap kartu slot gsm yang telah diproduksi oleh produsen setiap ponsel.

Dikarenakan imei terdapat pada setiap kartu slot simcard maka jika ponsel anda memiliki dual sim card maka dipastikan memiliki dua imei yang berbeda.

Dengan angka yang unik tidak mungkin setiap ponsel memiliki angka imei yang sama dan perlu kita ketahui jumlah imei terdiri dari 15 hingga 16 digit yang berupa nomor acak yang dimana pada setiap seri imei memiliki informasi yang berbeda pada setiap tipe ponsel.

Cara mengecek apakah hp saya legal atau tidak ?? 


1.  Ponsel android
bagaimana cara cek imei hp android legal atau ilegal ? untuk mengecek imei pada android coba pergi ke menu Setelan / pengaturan lalu pilih ' Tentang Telepon '. Jika ponsel anda memiliki satu kartu sim maka hanya ada satu imei dan sebaliknya. Jika anda sudah mengetahui berapa nomor imei android, kunjungi situs cek imei kemenprin dan isikan kode imei dengan kode imei yang telah didapatkan sebelumnya.

2.  Iphone
Apakah ponsel iphone anda legal atau tidak ?? untuk iphone dan juga ipad nomor ime biasanya terdapat pada belakang ponsel, catat nomor yang tertera dan kemudian isikan ke situs resmi kemenprin, isikan nomor imei yang telah didapat ke kolom pencarian database imei. Jika perangkat iphone terdaftar di database kemeprin dapat dipastikan iphone anda legal dsn resmi .

3.  Semua perangkat
Untuk mengetahui nomor imei tidaklah sulit dan bisa diterapkan disemua hp seperti oppo, redmi, realme, vivo dan lainya. Cukup dengan ketikkan *#06# pada dialup dan tekan panggil, otomatis nomor imei akan tertampil pada layar dan jika anda ingin mengecek apakah ponsel tersebut legal atau tidak ?? copy imei yang sudah didapat dan isikan pada kolom pencarian imei pada situs kemenprin.

Perlu diketahui, sebaiknya gunakan ponsel yang legal karena seperti kebijakan pemerintah sekarang ini ponsel ilegal bakalan diblokir. Lebih baik kita antisipasi sebelum terjadinya pemblokiran, gejala yang terjadi biasanya sinyal pada ponsel tiba - tiba menghilang tanpa sebab yang jelas.
Advertisement


Advertisement
LihatTutupKomentar