Cara Mengetahui IP Address Sendiri via Termux -->

Cara Mengetahui IP Address Sendiri via Termux

Advertisement



Advertisement

Perlu anda ketahui bahwa ip address adalah sebuah jalan yang berguna untuk mengenali setiap komputer atau perangkat terhubung dan sebagai jalan untuk mengakses internet saat kita terhubung pada jaringan yang terkoneksi. Tanpa ip address kita tidak bisa mengakses jaringan telekomunikasi karena hampir rata - rata penggunaaan internet tidak jauh dengan IP address.

Setiap perangkat yang terhubung di internet pasti memiliki IP yang berbeda oleh isp provider yang digunakan dan jenis IP sendiri ada 2 yaitu versi 4 dan versi 6. Alamat ip address terdiri dari 4 blok yang memiliki nilai yang dibatasi antara 1 -255.

Dalam satu jaringan komputer, IP address haruslah unik dan tidak boleh sama dalam satu perangkat interface berguna untuk mengantisipasi adanya duplikat dan kesalahan dalam pengiriman data.

Untuk mengetahui IP address sangatlah penting jika kita sedang membangun sebuah jaringan internet yang terkoneksi seperti wifi dan terkadang pada sekolah menengah kejuruan juga diajarkan mengenai jaringan komputer dan sering kali pelajaran yang disampaikan juga tidak lain adalah pengaturan pada IP address internet karena dengan adanya IP semua akses internet bisa saling terhubung.

Cara Cek IP Address Dengan Termux Android


1.  Pastikan pada perangkat android sudah terinstall aplikasi Termux, jika belum unduh di Playstore.

2. Setelah termux terinstallasi dengan benar, lalu kita perbarui repositori dan archive pada termux dengan perintah sebagai berikut :

pkg update
pkg upgrade

3. Untuk mengecek ip address termux cukup ketikkan perintah " ifconfig ", otomatis termux akan menampilkan semua interface lengkap dengan informasi jaringan dan juga IP address.

Cek IP Address via Termux

- Jika saat ini anda terhubung dengan sebuah jaringan wifi dan ingin mengetahui IP address wifi maka cukup ketikkan "ifconfig wlan0".

Baca juga :
  - Cek Spesifikasi HP dengan Termux.
  - Cara Menampilkan Tombol CTRL, HOME, ESC di Termux.
  - Cara Tes Kecepatan Internet di Termux.
Advertisement


Advertisement
LihatTutupKomentar