Cara Memperbaiki Tombol Home Tidak Berfungsi di Android -->

Cara Memperbaiki Tombol Home Tidak Berfungsi di Android

Advertisement



Advertisement

Tombol Navigasi ( Home, Recent, Back )
Sering kali permasalahan tombol home dan menu tidak berfungsi sering dicari oleh warga internet terutama pengguna ponsel seperti xiomi,ponsel pintar yang menggunakan tombol fisik sering kali mendapatkan kendala seperti halnya tombol home yang rusak sehingga untuk melakukan aktivitas pada smartphone pun sangat terganggu.

Banyak sebab kenapa tombol home, recent, back tidak bisa digunakan sama sekali. Hal yang paling utama mungkin disebabkan karena salah memilih custom rom, bahkan bisa disebabkan karena beberapa file sistem yang tidak sengaja terhapus oleh pihak ketiga dikarenakan otoritas penggunaan root yang diaktifkan.

Jika tombol home, menu, back tidak bisa digunakan mungkin cara ini bisa sedikit bisa mengatasi permasalahan tersebut :

Cara Mengatasi Tombol Home, Recent, Back Error / Rusak pada Xiomi, Samsung, Oppo


1. Mengganti Custom ROM yang Stable.
Penggunaan atau penggantian custom rom memiliki kekurangan dan kelebihan tersendiri, lebih baik pilih Stock ROM yang telah dibuat oleh pabrik original pembuat rom tersebut. Ada dua macam ROM yang bisa kita gunakan diantaranya Custom ROM dan Stock ROM.

Stock ROM dibuat oleh pabrikan ponsel sehingga saat digunakan lebih stabil tidak ada kendala apapun dan pastikan pilih stock ROM versi terbaru yang bertanda Stable.

Berbeda dengan Custom ROM karena dibuat oleh beberapa tim atau orang maka dipastikan mungkin akan memiliki kendala saat digunakan karena belum jelas ada bug apa tidak.

Mungkin sebab jika tombol home, recent, back anda tidak berfungsi disebabkan oleh penggantian custom rom yang dibuat bukan versi pabrik pada ponsel sehingga dapat mempengaruhi setelan sistem pada ponsel. Untuk mengatasi tombol home, menu yang tidak berfungsi maka sebaiknya gunakan stock ROM versi stable yang bisa anda dapatkan pada website resmi penyedia ponsel.

2.  Menggunakan Aplikasi Pengganti Tombol Home.
Jika ponsel anda masih menggunakan tombol fisik mungkin dapat dipastikan jika penggunaan tombol yang sering digunakan maka dapat berakibat tombol yang tidak bisa digunakan, salah satu cara agar tombol navigation bar bisa digunakan yaitu dengan menggunakan aplikasi  pengganti tombol navigasi bar pada ponsel, seperti aplikasi berikut :
  - Navigation Gesture.
  - Easy Touch.
  - Navigation Bar.

3. Factory Reset
Dengan melakukan factory reset pada ponsel maka settingan akan berganti seperti awal anda gunakan. Akan tetapi, sebelum melakukan factory reset pada ponsel alangkah baiknya backup terlebih dahulu semua data seperti musik, foto, video hingga beberapa settingan aplikasi. Sehingga saat factory reset pada ponsel selesai, maka data tersebut dapat direstore atau dikembalikan dengan mudah tanpa harus kehilangan data.

Baca juga : Cara Masuk Recovery Mode Ponsel OPPO Semua Tipe .

4. Service Center
Jika langkah diatas seperti no.1 -3 tidak memperbaiki masalah tombol navigasi ( home, recent, back ) tidak bisa digunakan atau tidak berfungsi maka langkah terakhir yaitu anda harus membawa ponsel ke service center terdekat di kota anda dan katakan jika tombol navigasi home, recent dan back tidak bisa digunakan dan perlu diperbaiki.

Baca juga :
Cara Hebat Atasi Layar Sentuh Android Error atau Tidak Berfungsi .
Memperbaiki Bluetooth Android Error Tidak Berfungsi .
Advertisement


Advertisement
LihatTutupKomentar